Gili Trawangan

Jika Anda berkunjung ke Lombok, maka Anda harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Gili Trawangan. Anda akan menyesal jika tidak sempat berkunjung ke pantai indah ini. Bayangkan lautnya yang berwarna biru cerah, hampir mendekati turquoise. Kemudian sejauh mata memandang, Anda akan melihat langit biru cerah dengan dihiasi sedikit awan putih bak kapas melayang. Dan pasir pantainya sangatlah putih bersih dan halus. Semua itu dipadu dengan deburan ombak yang tidak terlalu kencang tetapi juga tidak terlalu kalem, jadi Anda dapat berenang sepuasnya di sini menikmati pemandangan bawah lautnya yang indah-indah.

Lokasi dan Transportasi

Gili Trawangan ini merupakan bagian dari pulau kecil (gili) yang berlokasi di sebelah barat laut dari Lombok. Untuk menuju Gili Trawangan, Anda dapat mencapainya dari bandara utama Lombok di daerah Kuta. Dari sini, Anda akan menuju Senggigi terlebih dulu, yakni tepat terdekat untuk mencapai Gili Trawangan. Anda dapat pergi ke Teluk Kodek yang sering digunakan sebagai tempat penyeberangan ke gili-gili. Di Teluk Kodek ini, Anda dapat menggunakan fast boat. Bisa juga Anda pergi ke Pelabuhan Bangsal yang merupakan pelabuhan regular di mana masyarakat setempat sering menggunakannya.

Pelabuhan Bangsal ini dapat Anda tempuh dari Senggigi kira-kira hanya 45 menit saja berkendara. Sebenarnya pelabuhan ini tidak terlihat seperti pelabuhan pada umumnya. Di sini Anda akan menemukan pantai dengan bangunan kecil yang merupakan tempat administrasinya. Perahu penyeberangan akan berangkat bila kuota sudah terpenuhi sebanyak 20 orang. Anda akan tahu dari pengeras suara yang mengumumkan tentang keberangkatan. Di sini juga ada perahu carteran, jadi Anda tidak perlu menunggu lama-lama untuk berangkat ke Gili Trawangan.

Biasanya, para wisatawan yang ingin pergi ke Gili Trawangan akan menginap dulu di Bali atau Lombok. Kawasan di Bali yang tidak jauh dari pelabuhan Padang Bai atau pelabuan fast boat yang menuju ke Gili Trawangan yakni Nusa Dua, Kuta, dan Sanur. Menggunakan fast boat dari Bali menuju Gili Trawangan memang cukup mahal, yakni dengan kisaran Rp 500-800 ribuan untuk sekali jalan per orangnya.

Perlu Anda ketahui bahwa penyeberangan menuju Gili Trawangan memerlukan waktu sekitar 1 jam. Arusnya cukup deras dan terkadang membuat kapal seolah-olah terombang-ambing. Tetapi jangan khawatir karena sudah tersedia juga pelampung untuk berjaga-jaga.

Diving dan Snorkeling

Jika Anda penyuka diving maka Anda pasti suka berkunjung ke Gili Trawangan. Di sini merupakan pusat dari aktivitas diving dari beberapa area di Lombok yakni Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, dan juga Senggigi. Di sini sudah tersedia jasa diving jadi Anda akan dengan mudah menemukan pemandu dan penyedia peralatan diving yang lengkap. Ada banyak spot di Gili Trawangan, di antaranya yakni Jack Point, Coral Fan Garden, Bounty Reef, Simons Reef, Shark Point, dll.

Anda bisa juga melakukan snorkeling di sini. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan tetapi tidak ingin basah-basahan, silakan menyewa Glass Bottom Boat di mana Anda bisa berlayar mengelilingi pulau dengan perahu yang mempunyai kaca jendela di dasar perahu jadi Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang cantik.

Hal Lain yang Bisa Dilakukan

Anda bisa juga menyewa sepeda dan berkeliling pantai yang ditumbuhi berbagai macam pepohonan indah ini. Atau jika Anda suka hewan, silakan berkunjung ke Turtle Conservation di dekat pantai. Kura-kuranya diletakkan dalam akuarium besar jadi Anda bisa melihatnya, tetapi jangan menyentuhnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *