Gili Meno

Lombok memang merupakan tempat yang mempunyai sejuta panorama. Jika Anda tidak percaya, silakan buktikan sendiri dengan mampir ke gili-gili alias pulau-pulau kecilnya yang cantik. Tiga gili yang cukup terkenal di Lombok yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Gili Meno ini mempunyai luas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kedua gili lainnya. Meskipun begitu, wisata yang ditawarkan di sini juga tak kalah menarik.

Keasrian Gili Meno

Gili Meno mempunyai jumlah penduduk sekitar 300-an saja. Yang perlu Anda perhatikan di sini, fasilitas yang ditawarkan minim jadi Anda harus membawa beberapa perlengkapan sejak sebelum berangkat. Anda juga tidak akan menemukan ATM di sini, karena itulah ada baiknya untuk membawa persediaan uang tunai yang cukup banyak sebelum berangkat.

Meskipun begitu, Gili Meno mempunyai pemandangan yang unik dan natural. Banyak pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai sehingga menyebabkan pantai menjadi bernuansa eksotis dan asri. Selain itu, kawasan ini bebas dari polusi suara dari kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan, baik warga maupun masyarakat setempat dilarang menggunakan kendaraan bermotor. Transportasi yang digunakan di sini yakni cidomo, semacam delman atau dokar jika di Jawa. Jika Anda ingin pergi mengunjungi suatu tempat di Gili Meno, silakan saja Anda naik cidomo ini.

Mencapai Gili Meno

Gili Meno dapat dicapai dari Pelabuhan Bangsal. Anda dapat membayar ongkos penyeberangannya sebanyak 15-25 ribuan. Atau, jika Anda berangkat dari Gili Trawangan, Anda dapat menumpang kapal yang berangkat tiap jam 09.30 WITA dan 16.00 WITA. Bisa juga Anda berangkat dari Gili Air pada pukul 08.30 WITA dan juga pada pukul 03.00 WITA. Harganya murah, 25 ribuan saja per orang. Jika Anda kurang yakin dengan jadwal keberangkatan kapal, Anda dapat bertanya kepada petugas dan tetap waspada karena banyak sekali penipuan yang terjadi di Lombok terhadap para turis.

Wisata di Gili Meno

Gili Meno mempunyai banyak sekali wisata yang ditawarkan meskipun kecil wilayahnya. Ada sebuah danau garam di sini yang mempunyai pemandangan indah, jadi tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke sini. Selain itu, seperti gili lainnya, di Gili Meno Anda dapat melakukan diving dan snorkeling. Salah satu spot diving dan snorkeling yang sering diselami yakni di pantai bagian timur dari pulau. Ada tiga spot yang cukup terkenal, yakni Point Coral Blue, Meno Wall, dan juga Sea Point Penyu. Anda akan disuguhi panorama bawah laut yang indah yakni warna-warni terumbu karang dan juga school fish yang menggemaskan.

Di sini juga terdapat penangkaran penyu yang diberi nama Turtle Sanctuary. Tempat ini dikelola oleh seseorang yang bernama Buolong. Hewan-hewan lain yang dilestarikan di sini yakni burung-burung langka yang tempat penangkarannya diberi nama Bird Park. Tak hanya burung dari Indonesia saja yang dilestarikan di sini, tetapi juga berbagai macam burung langka dari manca negara. Anda dapat menemukan pelican, elang, flamingo, dan juga beo di sini. Tiket masuknya sekitar 50 ribuan.

Akomodasi

Di Gili Meno juga terdapat banyak penginapan yang menghadap langsung ke laut. Jadi Anda dapat tinggal di sini lebih lama. Selain itu, di tepi pantai juga banyak yang menjual makanan dan minuman khas negara tropis misalnya jus buah naga. Café kecil ini menggunakan semacam gubuk kecil nan cantik sehingga menambah suasana eksotis. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *