Gili Air

Lombok memang terkenal akan panoramanya yang indah. Karena itulah, terkadang Lombok disamakan dengan Bali. Hanya saja, banyak orang yang bilang bahwa suasana di Lombok jauh lebih menenangkan karena Lombok belum seramai Bali.

Banyak sekali hal-hal yang bisa Anda lakukan di Lombok. Misalnya mengunjungi Suku Sasak atau pergi ke pantai-pantainya yang indah. Salah satu pantai di Lombok yang cukup terkenal yakni Pantai Senggigi. Warna pasirnya putih dan sangat halus bila disentuh kaki. Ombaknya juga cukup tenang dan Anda bisa menemukan banyak penginapan yang menghadap langsung ke pantai.

Lombok juga terkenal akan pulau-pulau kecilnya yang diberi julukan sebagai gili. Tiga gili yang terkenal di Lombok yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Dua gili pertama cocok bagi Anda yang suka akan keramaian, tetapi jika Anda ingin menikmati pantai yang tenang dengan pemandangan yang menakjubkan, Anda bisa datang ke Gili Air.

Mengunjungi Gili Air

Gili Air hanya mempunyai luas sekitar 170 hektar saja. Pulau ini cukup kecil; bahkan untuk mengelilinginya, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 90 menitan saja. Suasana di pantai sangat tenang jadi cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan yang jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Penduduk Gili Air cukup sedikit. Mereka sangat ramah kepada para wisatawan yang datang berkunjung. Sempatkanlah waktu untuk mengobrol dengan mereka dan Anda akan merasakan suasana kekeluargaan di sini.

Mencapai Gili Air sangatlah mudah. Anda dapat mencapainya dari Gili Trawangan menggunakan kapal dengan tarif sekitar Rp 10-20 ribu saja. Jadwal boat dari Gili Trawangan menuju Gili Air memang dibatasi 2 kali saja. Anda dapat memilih untuk ikut yang pukul 08.00 WITA atau yang pukul 15.00 WITA. Tetapi jika Anda ketinggalan penyeberangan, Anda dapat menyewa boat. Boat ini cukup mahal jadi Anda dapat menjadikannya sebagai alternatif saja; lebih baik mengikuti jadwal penyeberangan daripada Anda menghabiskan biaya dengan menyewa boat, apalagi jika Anda suka travelling ala backpacker.

Wisata di Gili Air

Seperti halnya dua gili lain di Lombok, Gili Air juga menawarkan keindahan panorama bawah laut. Jadi sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving dan snorkeling di sini. Di Gili Air sudah banyak penyedia jasa diving dan snorkeling jadi Anda tidak perlu susah-susah mencarinya.

Anda dapat memulainya dengan mengunjungi spot yang terletak di bagian timur Gili Air. Di kawasan ini kedalamannya sekitar 1,5 – 3 meter, dan Anda tidak boleh menyelam lebih dari itu. Jika Anda bingung, Anda dapat memperhatikan tali yang merupakan tanda batas aman snorkeling. Selain itu, disarankan pada Anda untuk snorkeling ketika ombaknya sedang landai. Ombak besar tentunya sangat berisiko ketika Anda diving atau snorkeling.

Menikmati Sunset

Sunset di Gili Air juga sangatlah indah, tak kalah dengan sunset di Pantai Senggigi. Ombaknya yang tenang, laut yang biru menyejukkan, serta suara burung camar yang menemani sore Anda tentunya akan membuat penat Anda langsung hilang.

Makanan dan Akomodasi

Selain menikmati sunset, sempatkan juga untuk mengisi perut Anda dengan menikmati makanan di café sekitar pantai. Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan dan ketenangan Gili Air lebih lama, Anda dapat menginap di sini. Banyak penginapan yang memberikan view lansgung menghadap ke laut sehingga tentunya akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Selamat berlibur di Gili Air.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *